Bicara Efektif |
Prinsip bicara efektif bisa digunakan apabila saat Anda melakukannya paham dan mengerti
prinsip-prinsip dan tekniknya. Seperti apa teknik berbicara yang efektif? Simak
pembahasannya berikut ini.
Pengertian Komunikasi
Komunikasi
adalah suatu kegiatan yang tidak bisa terpisah dari kehidupan manusia di
seluruh muka bumi ini. Dengan berkomunikasi seseorang dapat menyampaikan pesan
atau mengungkapkan dengan bahasa. Kemampuan berkomunikasi mempengaruhi
seseorang dalam bermasyarakat. Contohnya jika ingin sukses atau diterima
bekerja dalam suatu perusahaan kemampuan pertama yang dilihat adalah bagaimana
cara berkomunikasi.
Namun
tidak semua orang mampu melakukan komunikasi efektif, sehingga apa yang menjadi
tujuannya berkomunikasi tidak berhasil. Ada banyak penyebab komunikasi tidak
berjalan efekif yaitu tidak semua orang memahami apa makna dan tujuannya
berkomunikasi dan tidak semua orang mengetahui prinsip-prinsip komunikasi
menjadi efektif. Berikut penjelasannya.
Makna Dan Tujuan Komunikasi
Secara
umum komunikasi mengandung makna bersama-sama. Seiring dengan perkembangan dan
perubahan jaman, banyak pengertian komunikasi yang dipaparkan oleh para ahli.
Dari berbagai sudut pandang komunikasi terdapat 5 komponen penting yaitu:
·
Komunikator (orang yang
menyampaikan pesan).
·
Komunikan (orang yang
mendengarkan atau menerima pesan),
·
Pesan yang hendak disampaikan.
·
Saluran atau media penyampai
pesan.
·
feed
back atau umpan balik.
Prinsip – Prinsip Dasar Dalam Komunikasi
Efektif
Untuk mencapai komunikasi yang efektif memang
tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dipahami dan dilakukan. Anda tidak
hanya harus memperhatikan cara dan kemampuan Anda saja, namun juga harus
memahami siapa dan bagaimana orang yang mendengarkan. Ada beberapa prinsip
dalam melakukan komunikasi efektif, antara lain adalah:
1. Respect, adalah perasaan positif dan memberikan penghormatan kepada
siapapun yang sedang berbicara.
2. Empathy, adalah kemampuan dalam menempatkan diri pada saat situasi dan
kondisi yang sedang dihadapi atau dirasakan orang lain.
3. Audible, adalah apa yang disampaikan harus dapat didengarkan dan dimengerti
oleh yang mendengarkan. Agar proses audible dapat berjalan dengan baik, harus
melakukan beberapa hal seperti:
·
Pesan yang akan disampaikan
harus dapat dipahami.
·
Sampaikan yang penting, jangan
bertele-tele.
·
Gunakan bahasa tubuh yang
efektif.
·
Gunakan ilustrasi
4. Clairity, adalah kejelasan pesan yang disampaikan, tidak mengandung banyak
makna dan penafsiran.
5. Humble, adalah prinsip yang berhubungan dengan respect biasanya dibarengi
dengan sikap rendah hati.
Demikian pembahasan mengenai prinsip bicara efektif yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara yang efektif
akan berjalan lancar apabila dibarengi dengan menjadi pendengar yang baik.
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment