![]() |
Gambar: strategi jualan di internet |
Bisnis di internet selain biayanya relatif kecil karena penjual tidak perlu memiliki toko/ sewa tempat. Selain itu segmentasi pasarnya lebih luas dibandingkan dengan membuka toko. Saat akan mempromosikan barang waktunya bisa di atur dan lebih efektif.
Keuntungan tersebut bisa menjadi peluang menuju keberhasilan, dengan catatan jika kita
tidak mengetahui strategi apa yang tepat untuk digunakan jika menggunakan
internet sebagai medianya. Berikut
adalah perencanaan strategi yang bisa digunakan saat kita akan memulai bisnis
menggunakan media internet.
Pilih Barang dan Tentukan Harga
Memilih
barang dan harga bisa dilakukan dengan cara observasi, contohnya Anda bisa
memilih barang yang sedang trand dan mencari gambaran harga yang ada dipasaran.
Atau kita bisa memilih barang yang memang disukai, misalnya Anda suka dengan
fashion, bisa mencoba jualan pakaian, sepatu, tas dsb.
Setelah
memutuskan jenis barang tentukan segmennya, misalnya toko pakaian khusus
anak-anak (laki-laki dan perempuan), tas rangsel, tas wanita atau lain
sebagainya. Setelah
menentukan jenis barang apa yang akan dijual, yakinkan diri bahwa dagangan
tersebut akan laku dan laris dipasaran. Sesudah menentukan jenis barang yang
akan dijual, lalu tentukan harga yang tepat.
Buat Blog atau Web
Walaupun
bisnis dengan menggunakan media internet, kita perlu membuat web atau blog. Blog
atau webside bisa diibaratkan tokonya, kita bisa memajang barang-barang
dagangan dan memberikan informasi jika ada barang yang di diskon dsb.
Untuk
memudahkan pengunjung blog mengetahui barang apa saja yang dijual, buatllah
label atau kategori barang-barang. Label sangat diperlukan karena akhirnya
pengunjung atau calon pembeli lebih mudah memilih dan melihat-lihat barang yang
mereka butuhkan, inginkan.
Selain
memajang foto-foto barang, kita juga bisa membuat tulisan atau resensi mengenai prodak yang ditawarkan,
agar pengunjung lebih mengetahui manfaat atau keuntungan, kelebihan prodak.
Membuat
review prodak harus menggunakan bahasa yang disesuaikan dengan segmen pasar,
misalnya jika barang-barang yang dijual adalah kaos-kaos distro, bahasa yang digunakan
bisa menggunakan bahasa yang lebih akrab, tidak terlalu harus formal.
Manfaatkan Jejaring Media Sosial
Setelah
membuat blog, kita bisa mempublikasikannya ke media sosial. Caranya bisa
memposting di dinding fb/ twiter / instragram. Jika memiliki akun media sosial, bisa juga mempromosikan barang dengan memanfaatkan fasilitas layanan yang
disediakan, misalnya membuat fanspage dengan merk atau nama toko.
Siapkan Testimoni dan Bukti Pengiriman
Jualan
online di internet membawa kemudahan namun dalam artian bukan berarti tanpa
resiko. Masih banyak orang yang tidak percaya belanja online, hal tersebut
disebabkan karena antara penjual dan pembeli tidak bertatap langsung dan barang
yang ditawarkan dalam bentuk foto. Selain itu masih ada pihak-pihak yang tidak
bertanggung jawab melakukan penipuan.
Untuk
menjaga kepercayaan dan kenyamanan calon pembeli bisa dengan cara memposting
testimoni dari para pembeli dan memperlihatkan beberapa tanda bukti pengiriman
barang. Membahas
tentang bisnis, bukan sekedar bagaimana mendapatkan untung lebih tapi juga
bagaimana mendapatkan konsumen tetap. Oleh karenanya kepuasan dan kepercayaan
pelanggan menjadi salah satu factor penting dalam membuat strategi jualan di
internet.
No comments:
Post a Comment